Rabu, 03 September 2008

MENGENAL FORMAT KONTAINER DAN CODEC

“Kok file mp4-nya gak dibisa diputer di media player ini sih? Padahal kan player ini support buat muter player mp4..!” Pernahkah anda mengalami kasus antara format file dengan player demikian?

Sebenarnya kita harus mendalami antara format dan codec. Masalah utama tampaknya karena perbedaan antara format dan codec kerap kali tak diterangkan. Parahnya lagi penamaan format dan codec terkadang mendorong pemakai merancukan format dan codec. Ini terjadi dengan codec MPEG4 dan format MP4

Pertama kali kita harus mengetahui apa yang disebut format dalam konteks video. Kita ambil cara mudah saja : kita membedakan satu format video dengan yang lainnya dengan melihat ekstensi filenya. Jadi ada format MP4, AVI, WMV, 3GP, ASF dan seterusnya

Masing-masing format ini disebut juga kontainer (penampung). Ini berarti masing-masing format pada umumnya dapat menampung lebih dari beberapa codec.

Apa itu codec? Secara sederhana codec (compression decompression) dapat dikatakan sebagai modul atau program untuk menempatkan dan membaca data, khususnya gambar bergerak dan suara. Contoh codec misalnya MPEG1 (digunakan pada VCD), MPEG Audio Layer 3, DivX, XviD.

Meskipun satu format kontainer dapat mendukung beberapa codec pada prakteknya hanya beberapa saja yang mendukung satu aplikasi atau peranti. Bisa saja terjadi anda mencoba memutar video format kontainernya dikenali ponsel namun aplikasi video macet dan keluar pesan kesalahan : ERROR: Codec Not Supported.

Format yang umum pada ponsel dan kamera digital saat ini adalah MP4. Tapi anda harus waspada : MP4 mencakup banyak codec, di antaranya H.263, H.263+, (Semuanya video atau gambar bergerak), AAC, AMR (Audio)

Video DivX/XviD umumnya menggunakan format kontainer AVI, namun codec ini juga dapat digunakan dengan MP4.

-Format MP4 Codec yang didukung H.264, H.263, H.263+, DivX/XviD, MP3 (Biasanya MP4 ini mendukung banyak Codec)

-Format AVI Codec yang didukung DivX, XviD, MP3

-Format WMV Codec yang didukung MS-MPEG4, WMA

-Format 3GP Codec yang didukung H.264, H.263, AMR, AAC

Salahsatu program yang mengkombine antara format dan codec seperti MediaCoder (http://www.media-coder.nr ) {qzbanani}.

Tidak ada komentar: